Bulan Caliban

Posted by

Satelit Caliban adalah satelit alami dari planet Uranus.

Caliban mengikuti orbit yang jauh,  10 kali lebih jauh dibandingkan bulan biasa Oberon. orbit dari caliban adalah retrograde, cukup miring dan sedikit eksentrik. Menurut Parameter orbital caliban memiliki orbit yang sama seperti Stephano dan Francisco, dan menunjukkan asal usul yang sama. 

Diagram menggambarkan parameter orbit satelit tidak teratur retrograde Uranus (di kutub koordinat) dengan eksentrisitas orbit yang diwakili oleh segmen membentang dari pericentre ke apocentre tersebut. 

Diameternya diperkirakan 72 km (asumsi albedo 0,04) sehingga menjadikannya Caliban sebagai satelit terbesar kedua dari Uranus, setengah ukuran Sycorax, satelit tidak teratur terbesar Uranus. 

Caliban mungkin sedikit lebih merah dari Sycorax dan satu kelompok astronom berpikir ini mungkin akibat dari air cair yang dimodifikasi permukaan. Kurva cahaya menunjukkan periode rotasi Caliban adalah sekitar 2.7h. 

Asal Caliban dihipotesiskan menjadi objek ada di sekitar Uranus setelah pembentukannya. Mekanisme pengambilan yang tepat tidak diketahui. Mungkin proses interaksi di piringan protoplanet, selama pertumbuhan yang cepat dari massa Uranus ikut menghadirkannya.


Blog, Updated at: 8:25 PM

0 comments:

Post a Comment