Satelit Alami Bumi Satu-satunya

Posted by

Bulan adalah satelit alami yang dimiliki oleh Bumi satu-satunya dan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya.

Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa 1⁄81 (1.23%) dari Bumi.

Di antara satelit alami yang dimiliki oleh planet dalam tata surya kita lainnya adalah satelit terpadat pertama Io, yang merupakan satelit Yupiter.

Bulan berada pada rotasi yang sinkron dengan Bumi, yang selalu memperlihatkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat di antara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tubrukan yang menonjol. 

Bulan adalah benda langit yang paling terang setelah Matahari karena jaraknya yang cukup dekat dengan bumi dan merupakan satu satunya satelit yang mengelilingi bumi dalam ukurannya. Meskipun Bulan tampak sangat putih dan terang, permukaan Bulan sebenarnya gelap, dengan tingkat kecerahan yang sedikit lebih tinggi dari aspal cair. 

Sejak zaman kuno, posisinya yang menonjol di langit dan fasenya yang teratur telah memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasa, penanggalan, seni, dan mitologi serta tidak jarang kemudian menghadirkan kepercayaan dan agama baru. 

Pengaruh gravitasi Bulan menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan dan pemanjangan waktu pada hari di Bumi. Jarak orbit Bulan dari Bumi saat ini adalah sekitar tiga puluh kali dari diameter Bumi, yang menyebabkan ukuran Bulan yang muncul di langit hampir sama besar dengan ukuran Matahari, sehingga memungkinkan Bulan untuk menutupi Matahari dan mengakibatkan terjadinya gerhana matahari total. 

Jarak linear Bulan dari Bumi saat ini meningkat dengan laju 3.82±0.07 cm per tahun, meskipun laju ini tidak konstan.


Blog, Updated at: 10:01 AM

0 comments:

Post a Comment