Uranus Memiliki 27 Bulan

Posted by

Uranus, adalah sebuah planet dalam tata surya dalam urutan ketujuh, Uranus memiliki 27 bulan dan sudah  diketahui serta di identifikasi termasuk diberi nama, yang semuanya dinamai karakter dari karya-karya William Shakespeare dan Alexander Pope. 

William Herschel menemukan dua bulan pertama dan diberi nama Titania dan Oberon, pada tahun 1787, dan tiga bulan ellipsoidal lain ditemukan pada 1851 oleh William Lassell (Ariel dan Umbriel) dan pada tahun 1948 oleh Gerard Kuiper (Miranda). 


Kelima satelit Uranus ini memiliki massa planet, dan sebagian dianggap planet kerdil jika mereka berada di orbit langsung pada Matahari. Bulan-bulan yang tersisa ditemukan setelah tahun 1985, yakni pada misi flyby Voyager 2 atau dengan bantuan teleskop bumi berbasis maju.

Bulan di planet uranus secara garis besar dibagi menjadi tiga kelompok :
  1. Tiga belas bulan batin, 
  2. Lima bulan utama, 
  3. Sembilan bulan yang tidak teratur.
Bulan - bulan batin memiliki bentuk gelap kecil yang berbagi sifat umum dan asal dengan cincin planet. Lima bulan utama cukup besar dan telah mencapai kesetimbangan hidrostatik, dan empat dari mereka menunjukkan tanda-tanda didorong secara internal melalui sebuah proses seperti pembentukan ngarai dan vulkanisme pada permukaan mereka. Yang terbesar kelima, Titania, adalah 1.578 km dengan diameter dan bulan kedelapan terbesar di Tata Surya, dan sekitar 20 kali lebih besar dibanding Bulan Bumi. 

Beberapa bulan yang tidak teratur yang dimiliki Uranus memiliki orbit elips dan kuat cenderung (kebanyakan retrograde) pada jarak yang jauh dari planet ini.


Blog, Updated at: 10:32 AM

0 comments:

Post a Comment