Satelit Ariel

Posted by

Berbicara Ariel dalam catatan ini bukanlah tentang seorang artis kenamaan sodara kembar parto yang beberapa tahun lalu menjadi mega bintang yang juga terkena kasus kemudian dengan mega bintang yang lain luna maya, akan tetapi kita bicara tentang ariel satelit yang dimiliki oleh uranus dan merupakan satelit terbesar ke empat dalam planet tersebut.

Ariel adalah satelit terbesar keempat di antara 27 satelit Uranus. Ariel mengorbit dan berotasi di bidang khatulistiwa Uranus, yang hampir tegak lurus terhadap orbit Uranus, sehingga mengalami siklus musim yang ekstrem. 

Satelit ini ditemukan pada Oktober 1851 oleh William Lassell, dan dinamai dari tokoh dalam sastra, Ariel. Hingga tahun 2012, sebagian besar pengetahuan tentang Ariel didapat dari wahana Voyager 2, yang pada tahun 1986 berhasil memetakan 35% permukaannya. 

Saat ini belum ada rencana untuk mengirim wahana yang akan mempelajari satelit ini secara lebih rinci. Setelah Miranda, Ariel adalah satelit terkecil kedua di antara lima satelit utama Uranus, dan merupakan yang terdekat kedua dari Uranus. 

Satelit ini diyakini terdiri atas es dan bebatuan. Seperti satelit Uranus lainnya, Ariel kemungkinan besar terbentuk dari piringan akresi yang mengelilingi Uranus setelah pembentukannya dan, seperti satelit besar lainnya, satelit ini kemungkinan terdiferensiasi, dengan inti berbatu yang dikelilingi oleh mantel es.


Blog, Updated at: 10:45 AM

0 comments:

Post a Comment